Thursday, May 24, 2012

Sibernetika

type='html'>
A. Pengertian Sibernetika 
Pada awalnya sibernetika adalah suatu sains tentang komunikasi dan kontrol pada dunis hewan dan mesin, terakhir pengetahuan ini dikembangkan menjadi sains tentang pengorganisasian yang efektif. Dalam sibernetika dikembangkan suatu komunikasi dan tekhnik sehingga tidak hanya mampu memecahkan masalah kontrol dan komunikasi secara umum. 
B. Pemikiran sibernetika
Peter P. Schoderbegk, et, al. Dalam bukunya berjudul manajemen sistem menyajikan pandangan-pandangan berikut tentang pemikiran sistemik pemikiran secara sisitemik. 
Pemikiran sistemik adalah untuk membalikkan subdivisi ilmu pengetahuan menjadi disiplin yang sangat terspesialisasi yang makin sempit melalui suatu sintesis interdisipliner pengetahuan ilmu yang berlaku.
C. Ciri teori modern dalam bidang organisasi dan manajemen 
Menurut herzbert G. Hickis, c. Ray Gullett, teori-teori manajemen tentang organisasi dan manajemen memiliki ciri khas, sbb: 
1. Pandangan sistem
Terdapat lima dasar, yaitu masukan, proses, keluaran, umpan balik, lingkungan.  
2. Dinamis 
Teori dinamis modern tidak mengganti struktur, ia hanya sekedar menambahkan penekanan atas proses interaksi yang terjadi di dalam struktur 
3. Multilevel dan multidimensional 
Teori modern mempertimbangkan adanya tingkatan dalam sebuah organisasi. 
4. Multimotivasi 
Teori modern mempertimbangkan organisasi diasumsikan ada, karena partisipasi mereka mengekspresikan untuk mencari sasaran-sasaran tertentu, dengan bantuan tersebut. 
5. Probabilistik 
Teori modern cenderung dinyatakan dengan istilah “mungkin” dan “biasanya”. 
6. Multidisipliner 
Teori modern berupaya untuk mencapai suatu sintesis integratif tentang bagian-bagian penting pada semua bidang dalam mengembangkan sebuah teori umum tentang organisasi dan manajemen 
7. Deskriptif
Teori ini bertujuan untuk menerangkan ciri-ciri organisasi dan manajemen. 
8. Multivariable 
Teori modern cenderung mengasumsi bahwa suatu kejadian disebabkan oleh banyak faktor, yang interdependen dan saling berkaitan satu sama lain. 
9. Adaptif 
Agar sebuah organisasi dapat bertahan maka sebuah organisasi harus mengadaptasi dengan lingkungan. 

No comments:

Post a Comment